Skripsi
PENGARUH KEMATANGAN EMOSI ANAK TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN PERMASALAHAN PRIBADI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata Kunci : Kematangan Emosi dan Kemampuan Memecahkan Masalah Pribadi.
Kematangan emosi sangat berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah pribadi. Kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah perlu mendapat dukungan agar anak terbebas dari permasalahan pribadi yang menghambat perkembangannya. Masalah yang muncul adalah apakah ada pengaruh kematangan emosi terhadap kemampuan memecahkan masalah pribadi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kematangan emosi anak terhadap kemampuan memecahkan permasalahan pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes tahun telajaran 2010/2011.
Populasi Penelitian adalah peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama, yang berjumlah 293 peserta didik, sampel 10% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 30 peserta didik. Pengumpulan data untuk kedua variabel adalah kematangan emosi (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan kemampuan memecahkan masalah pribadi (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,445 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 30 diperoleh harga r tabel sebesar 0,361, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada pengaruh kematangan emosi anak terhadap kemampuan memecahkan permasalah pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes tahun telajaran 2010/2011. Dari hasil analisis deskriptif pada variabel kematangan dalam persentase sangat tinggi yaitu 30%. Sedangkan pada variabel kemampuan memecahkan masalah pribadi dalam persentase cukup yaitu 33,33%. Dan besar kontribusi (sumbangan) pengaruh kematangan emosi terhadap kemampuan memecahkan permasalahan pribadi sebesar 19,80% sedangkan sisanya ditentukan
Simpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kematangan emosi anak terhadap kemampuan memecahkan permasalahan pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Brebes tahun telajaran 2010/2011. Saran diharapkan agar peserta didik mampu meningkatkan kematangan emosi untuk dapat menyelesaikan permasalahan secara mandiri. Namun peran guru pembimbing sangat penting sebagai pemberi layanan di sekolah mengenai perlunya bimbingan agar kematangan emosi dan kemampuan memecahkan masalah pribadi peserta didik lebih ditingkatkan lagi.
1107500575 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain