Skripsi
PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM SAHAM LQ 45
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh modal intelektual (intellectual capital - VAIC) terhadap nilai pasar (market value - M/B), serta untuk mengetahui variabel modal intelektual yang paling berpengaruh terhadap nilai pasar (market value - M/B) pada perusahaan yang tergabung dalam saham LQ45 tahun 2008-2010.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji F, uji T, dan koefisien determinasi yang menggunakan alat analisis SPSS 19.
Berdasarkan hasil analisis dengan SPSS dapat disimpulkan bahwa secara simultan modal intelektual (intelectual capital) berpengaruh terhadap nilai pasar (market value -M/B), sedangkan secara parsial VACA merupakan satu-satunya variabel dari modal intelektual yang berpengaruh terhadap nilai pasar (market value -M/B). Besarnya nilai koefisien determinasi adalah 0,233. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu VACA, VAHU, dan STVA yang merupakan variabel dari modal intelektual terhadap nilai pasar (market value -M/B) sebesar 23,3% sedangkan sisanya 76,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Penelitian ini membuktikan bahwa modal intelektual (intelectual capital) memiliki peran penting bagi terciptanya nilai pasar yang tinggi. Oleh karena itu, manajer hendaknya meningkatkan efisiensi modal fisik, efisiensi pengelolaan karyawan, dan efisiensi proses operasional perusahaan untuk meningkatkan nilai pasar. Dalam pemilihan investasi, investor dapat menggunakan nilai ketiga indikator modal intelektual (intelectual capital) untuk memilih perusahaan mana yang berpotensi menghasilkan nilai pasar yang tinggi.
Kata kunci: Modal intelektual (Intellectual Capital), VACA, VAHU, STVA, Nilai Pasar (market value – M/B)
4307500521 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain