Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PEMBENTUKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata Kunci : Kemampuan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dan
Rasa Percaya Diri
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang muncul bahwa peserta didik SMP kebanyakan merasa kurang percaya diri yang amat tinggi karena berlatar kegiatan ekstrakurikuler yang dipilih-pilih. Permasalahan yang diajukan adalah apakah terdapat pengaruh kemampuan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan rasa percaya diri pada peserta didik. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan rasa percaya diri pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Larangan.
Populasi dalam penelitian ini dapat ditentukan, yaitu 285 peserta didik. Untuk pengambilan digunakan tekhnik cluster proporsional random sampling dengan cara undian sempelnya berjumlah 40 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan rumus statistik korelasi product moment.
Hasil analisis diperoleh hasil bahwa pengaruh kemampuan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan rasa percaya diri angka capainya 85%, dipersepsi peserta didik bahwa kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap pembentukan rasa percaya diri, dan terdapat 15%, dipersepsi peserta didik bahwa kegiatan ekstrakurikuler kurang begitu berpengaruh terhadap pembentukan rasa percaya diri.
Perhitungan di atas diperoleh dari hasil kuesioner (angket) yang dilakukan pada sampel peneliti. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t, hasil perhitungan tersebut untuk thitung = 6,084 dengan ttabel 0,05 dan derajat kebebasan N-1 = 40-1 = 39 maka di dapat ttabel = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel atau (4,46 > 2,04). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, ini berarti terdapat pengaruh kemampuan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan rasa percaya diri pada peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011, ini berarti semakin bagus mengikuti kegiatan ekstrakurikuler maka semakin tinggi rasa percaya diri yang terbentuk.
Disarankan kepada peserta didik bahwa perlu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler secara baik dan benar agar kepemilikan rasa percaya diri meningkat, kemampuan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler merupakan modal yang sangat berharga dalam mencapai keberhasilan dalam perkembangan jiwanya dalam membentuk kemandirian yang pada akhirnya dapat sebagai modal untuk bekerja sesuai dengan harapan kelak setelah selesai studinya.
1107500599 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain