Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL) DIBANDINGKAN DENGAN MODEL NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada SMP Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes Kelas VIII Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011)
Kata Kunci : Keefektifan, model pembelajaran SAVI, model pembelajaran NHT, prestasi belajar matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa yang menggunakan metode pembelajaran SAVI dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Larangan Brebes tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Larangan Brebes. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII Semester II tahun pelajaran 2010/2011 di SMP Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes dengan jumlah 285 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII.G sebanyak 35 siswasebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.H sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu instrumen diujicobakan pada kelas VIII.F sebanyak 35 siswa. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis variansi (ANAVA) dua arah. Berdasarkan uji hipotesis maka metode pembelajaran sangat mempengaruhi hasil prestasi belajar matematika.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika yang dicapai antara model pembelajaran SAVI dengan model pembelajaran NHT, dan (2) Interaksi hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Larangan Brebes.
1707501029 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain