Skripsi
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok dan Kemandirian Belajar
Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan yang mengandung unsur psikopedagogis yang memanfaatkan dinamika kelompok. Layanan bimbingan kelompok dapat memudahkan peserta didik untuk menciptakan sikap kemandirian dalam belajar. Kemandirian belajar peserta didik merupakan perilaku sebagai salah satu unsur sikap peserta didik itu sendiri.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap sikap kemandirian belajar pada peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Kota Tegal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok dalam pembentukan tingkat kemandirian belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sejumlah 240 peserta didik, sampel ditetapkan sebesar 48 peserta didik sebagai responden. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara proporsional sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama, sedangkan metode wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,746. Nilai hitung tersebut dikonsultasikan pada rtabel, N = 48, harga kritik r product moment taraf signifikan 5% diperoleh 0,284. Hal ini menunjukkan bahwa ternyata rxy > rtabel yaitu 0,746>0,284, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan “tidak ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap sikap kemandirian belajar pada peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Tegal ”. Pada variabel layanan bimbingan kelompok dalam kriteria sangat tinggi 1 peserta didik (2,08%),kriteria tinggi 1 peserta didik (2,08%),kriteria sedang 28 pserta didik (58,3%),kriteria cukup 26 peserta didik (33,3%),kriteria rendah 2 peserta didik (4,17%). Jadi variabel layanan bimbingan kelompok berkriteria sedang.Sedangkan pada variabel sikap kemandirian belajar dalam kriteria tinggi 5 peserta didik (10,4%),kriteria sedang 26 peserta didik (54,2%),kriteria cukup 12 peserta didik (25%),kriteria rendah 5 peserta didik (10,4%). Jadi variabel sikap kemandirian belajar berkriteria sedang.
Saran yang direkomendasikan berdasarkan penelitian yang di peroleh hasil dari layanan bimbingan kelompok dengan kriteria sedang ( 58,3%) maka layanan bimbingan kelompok supaya di tingkatkan, berdasarkan penelitian di peroleh hasil dari kemandirian belajar dengan kriteria sedang (54,2%), maka sikap kemandirian belajar supaya di tingkatkan.
13112012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain