Skripsi
Persepsi Peserta Didik Terhadap Penguasaan Spektrum Pelayanan Guru Bimbingan Konseling kelas X SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kata kunci : Persepsi peserta didik, penguasaan spektrum pelayanan guru bimbingan dan konseling
Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir konseli. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik terhadap penguasaan spektrum pelayanan guru bimbingan konseling pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 235 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini digunakan 17% dari populasi yaitu 17% x 235 = 39,95 dibulatkan menjadi 40. Jadi sampel penelitian ini adalah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan r hitung = 0,636 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada tarap 0,05 N = 40 diperoleh sebesar 0,312 dari perhitungan r hitung > r tabel (0,636 > 0,312). Sehingga Ho ditolak yang berbunyi “tidak ada pengaruh yang positif layanan persepsi peserta didik terhadappenguasaan spektrum pelayanan guru bimbingan dan konseling di Kelas X SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011” dan Ha diterima yang menyatakan “ada pengaruh yang positif penguasaan spektrum pelayanan guru bimbingan dan konseling dengan layanan persepsi peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah Perlu ditingkatkan pembimbinganya agar dapat memberikan contoh teladan tentang belajar yang baik pada diri siswa baik di sekolah maupun diligkungan masyarakat. Para guru bersama-sama guru BK sangat diharapkan mengevaluasi pelaksanaan bimbingan terhadap siswa agar dapat meningkatkan belajar.
1108501051 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain