Skripsi
Keefektifan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dengan Multimedia terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011)
Kata Kunci : Keefektifan, Quantum Teaching, Multimedia, Prestasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa pada materi pokok kubus dan balok yang diajarkan dengan strategi pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan multimedia dengan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional dan untuk menentukan apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok kubus dan balok yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dengan multimedia lebih efektif dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2010 /2011 dengan jumlah populasi 137 siswa terdiri dari 4 kelas. Dari 137 siswa yang terdiri dari 4 kelas tersebut diambil sampel secara random cluster(cluster random sampling) sebanyak 101 siswa yang terbagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok I sebagai kelas ujicoba sebanyak 33 siswa, kelompok 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa dan kelompok 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa. Untuk mendapatkan hasil prestasi belajar menggunakan berupa tes, bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda. Dengan uji yang digunakan adalah t-test dimana memenuhi uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian diperoleh hasil prestasi belajar matematika kelas VIII semester II adalah Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan multimedia dengan metode konvensional dan Hasil prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan multimedia lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.
1708501441 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain