Skripsi
THE EFFECT OF THE APPLICATION OF STUDENT CENTERED LEARNING APPROACH IN ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT AT ELEMENTARY SCHOOL ( An Experimental Study of the Fifth Grade Students of SDN 01 Semboja, Tegal regency in Academic Year 2010/2011 )
Kata Kunci: Efektivitas Penggunaan Pendekatan Student Centered Learning Dalam Hasil Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar.
Kemampuan bahasa Inggris siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat. SCL (Student Centered Learning) sebagai salah satu pendekatan pembelajaran memungkinkan siswa mendapat pengalaman belajar yang berbeda sehingga dapat meningkatkan motivasi dalam belajar bahasa Inggris.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan SCL (Student Centered Learning) terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar kelas V SDN Semboja 01 Kabupaten Tegal tahun pembelajaran 2010/2011.
Penelitian ini dilakukan dengan membagi sampel ke dalam dua kelompok, masing-masing terdiri dari 20 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling. Seluruh populasi diberi tes dalam bentuk pilihan ganda, terdiri dari 30 soal. Kelompok pertama adalah siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Student Centered Learning dan kelompok kedua adalah siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan Student Centerd Learning.
Penulis menggunakan tes pilihan ganda sebagai instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas instrumen, penulis melalukan uji coba dengan memberika instrumen yang tingkat kesukarannya sama pada sampel penelitian.
Dari data penelitian dari hasil tes bahasa Inggris yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis dari data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil data analisis data t-hitung adalah 3,163 dimana t-tabel dengan derajat kebebasan 38 pada taraf 5% harga t-tabel sebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,163 > 2,021). Maka ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar bahasa Inggris yang menggunakan pendekatan SCL dengan siswa yang tidak menggunakan pendekatan SCL.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan SCL (Student Centered Learning) memberi pengaruh yang lebih baik dalam pembelajaran dari pada ceramah pada siswa kelas V SDN Semboja 01 Kabupaten Tegal 2010/2011.
1607501757 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain