Skripsi
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar.
Adanya perpustakaan sekolah yang dimanfaatkan secara maksimal oleh siswa, dapat membantu memperluas wawasan dan pengertian siswa terhadap materi pelajaran. Tetapi selama ini pemanfaatan perpustakaan masih rendah, hal ini disebabkan belum adanya kesadaran siswa menambah wawasan pengetahuan. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya pengetahuan siswa. Kesadaran mengisi waktu luang untuk membaca buku pun masih rendah dan masih banyak siswa yang tidak membaca buku meskipun mereka menemukan kesulitan dalam belajar. Rendahnya minat baca di kalangan dapat mengakibatkan rendahnya prestasi belajar.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan oleh siswa; 2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi dan 3) Menganalisis pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa.
.Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini semua siswa Kelas X semester 2 SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2010/2011, sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Dari 80 responden tersebut diambil secara keseluruhan, dengan demikian penelitian ini merupakan studi populasi.
Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket pemanfaatan sumber belajar dan nilai mata pelajaran Ekonomi. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan hasil analisis regresi, diperoleh koefisien arah regresi Y atas X sebesar 0,855 dengan nilai konstan 20,44. Koefisien regresi Y atas X 20,44 itu mengisyaratkan rata-rata perubahan yang terjadi pada prestasi belajar (Y) pada setiap satu unit perubahan pada pemanfaatan perpustakaan sekolah (X). Adapun sumbangan relatif X atas Y sebesar 85,50%. Harga Freg sebesar 178,35. Sedangkan harga Ftabel dengan db 1 lawan 78 dengan taraf signifikan 5% sebesar 4,20 maka Freg > Ftabel. Hal ini berarti pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa Kelas X SMA PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2010/2011.
1306500306 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain