Skripsi
PENGARUH METODE PENEMUAN BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS YMI KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata Kunci : Pengaruh, Metode pembelajaran Penemuan berbantuan Alat Peraga, Minat, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan apakah model pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga dan minat belajar efektif pada Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2010 / 2011 pada materi pokok bangun ruang kubus dan balok.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS YMI Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih kelas eksperimen dan kelas control. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika sebagai akibat dari dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga. Pengambilan data dengan dokumentasi, angket, dan metode tes. Dan pengolahan data menggunakan anava 2 arah dengan interaksi desain factorial 2 x 2 serta uji penentu menggunakan uji benferroni.
Hasil model pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga memperoleh hasil yang lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran ceramah, siswa yang mempunyai minat tinggi akan memperoleh hasil yang lebih tinggi dari pada siswa yang mempunyai minat rendah, sehingga ada pengaruh tingkat minat dan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian siswa yang mempunyai minat tinggi dan mendapat pembelajaran dengan model penemuan berbantuan alat peraga mempunyai hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan tipe interaksi pembelajaran lainnya pada penelitian ini.
1707501065 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain