Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011 )
Kata kunci: Keefektifan, Problem Solving, Prestasi, Motivasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran problem solving jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Kota Tegal, Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 120 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas B sebagai kelompok eksperimen, dan kelas A sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data terlebih dahulu digunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians multivariate satu arah (MANOVA ONE-WAY).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem solving lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika siswa pokok bahasan kubus dan balok pada siswa kelas VIII Semester II SMP Al-Irsyad Kota Tegal tahun Pelajaran 2010/2011.
1707501087 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain