Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 WARUREJA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata kunci : TAI, konvensional
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran adalah ketepatan dalam memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa secara maksimal. Salah satu pembelajaran yang mungkin dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan model pembelajaran kooperatif TAI. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang pengaruh pembelajaran TAI ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan prestasi belajar dan minat peserta didik terhadap matematika kelas VII semester 2 SMP N 1 Warureja.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester 2 SMPN 1 Warureja tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 350 siswa dari sembilan kelas. Dari sembilan kelas dihitung uji normalitas dan homogenitas untuk menentukan sampel. Dari uji ini diperoleh dua kelas yang kemudian dijadikan sampel yaitu kelas VII B dan VII E. Kelas VII B sebagai kelompok kontrol, kelas VII E sebagai kelompok eksperimen.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan angket yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji manova dan uji T2-hotteling. Uji manova digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan model pembelajaran TAI dan model pembelajaran konvensional. Sedangkan T2-hotteling digunakan untuk menentukan model pembelajaran mana yang efektif. Berdasarkan uji manova diperoleh kesimpulan ada perbedaan antara model pembelajaran TAI dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar dan minat. Dari perhitungan hotteling disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa siswa SMP N 1 Warureja yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI akan lebih memiliki prestasi belajar dan minat yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
1707501078 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain