Skripsi
STUDI ESTIMASI RELIABILITAS PADA TES PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PENILAIAN ACUAN KRITERIA (Studi pada Evaluasi Pembelajaran Matematika Materi Pokok Logika Matematika pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011 )
Kata Kunci : Estimasi Reliabilitas, Tes Prestasi Belajar, Penilaian Acuan Kriteria
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana estimasi reliabilitas tes prestasi belajar dengan penerapan penilaian acuan kriteria pada siswa kelas X semester II pokok bahasan Logika Matematika SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 283 siswa, terbagi dalam 9 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X.3, kelas X.5 dan X.6 sebagai kelas eksperimen. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu dikonsultasikan dengan profesional judgement yang dalam penelitian yaitu Norma Tsulasa, S.Pd selaku Guru Matematika SMA Negeri 3 Slawi dan Dr. Purwo Susongko, M.Pd selaku PD I sekaligus Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Teknik analisis menggunakan analisis formula Spearman-Brown dan Penerapan Distribusi Binomial untuk mengestimasi nilai kesalahan baku. Kemudian dengan nilai estimasi yang telah dihasilkan maka dapat menentukan tingkat kesalahan baku secara keseluruhan (Spearman-Brown) serta tingkat kesalahan butir untuk masing-masing siswa (distribusi Binomial) pada tes prestasi belajar matematika dengan pokok bahasan Logika Matematika Semester II pada siswa SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2010/2011.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa estimasi dengan penerapan distribusi binomial lebih tepat digunakan jika variansinya 0. nilai estimasi reliabilitas dengan formula Spearman-Brown diperoleh satu nilai kesalahan baku yang cukup tinggi yaitu 0,83 dan dengan menggunakan penerapan pendekatan distribusi Binomial diperoleh nilai kesalahan baku untuk masing-masing siswa.
1707501008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain