Skripsi
EFFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGGUNG PERSEKUTUAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Bodeh Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan metode pembelajaran berdasarkan masalah efektif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Bodeh Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2010/2011 pada materi pokok garis singgung persekutuan bila ditinjau dari kemampuan awal.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bodeh Kabupaten Pemalang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan metode pembelajaran berdasarkan masalah. Tes hasil belajar matematika disusun berdasarkan ranah kognitif Bloom. Ada tiga ranah kognitif yang dijadikan pedoman: pengetahuan (C1), pemahaman (C2), dan penerapan (C3). Tes berbentuk Uraian dengan 10 soal butir tes. Setiap butir tes memiliki tiga alternatif jawaban. Setiap jawaban benar diberi skor maksimal 3 dan yang salah di beri skor 0. Pengambilan data dengan metode dokumentasi, angket, dan metode tes. Analisa data menggunakan anava dua arah dengan interaksi desain faktorial 2x2 serta uji penentu menggunakan uji Benferoni.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode pembelajaran berdasarkan masalah memperoleh prestasi yang lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori, siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi akan memperoleh prestasi yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemamapuan awal rendah, sehingga ada pengaruh antara kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi mempunyai prestasi lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, serta pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah mempunyai prestasi lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah pada penelitian ini.
1707501010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain