Skripsi
Hubungan antara Minat dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika” (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2010/2011)
Kata Kunci : Minat, Kebiasaan belajar, Hasil Belajar
Belajar pada dasarnya merupakan proses perubahan tingkah laku seseorang dengan lingkungan sekitar untuk memperoleh pengetahuan, dari tidak tahu menjadi tahu, tidak bisa menjadi bisa sehingga dapat merubah tingkah laku menjadi yang lebih baik. Minat dan kebiasaan belajar sangat penting guna mendapatkan hasil belajar yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara minat dengan hasil belajar matematika, (2) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika, (3) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara minat dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 359 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 120 siswa yang diperoleh dari kelas VII A, VIID, dan VIIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket yang diperoleh dari data angket minat dan kebiasaan belajar, metode dokumentasi diperoleh dari data siswa dan nilai ujian tengah semester 2 mata pelajaran matematika. Variabel dalam penelitian ini meliputi minat, kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik analisis koefisien korelasi dan regresi. Sebelumnya data dianalisis diuji dengan uji Liliefors dan uji Barlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa H0 ditolak sehingga, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara minat dengan hasil belajar matematika, (2) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika, (3) ada hubungan yang signifikan antara minat dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat dan kebiasaan belajar mempunyai andil dalam meningkatkan hasil belajar. Untuk itu siswa diharapkan dapat memiliki minat serta dapat belajar teratur sehingga mempunyai kebiasaan belajar yang baik.
1707501133 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain