Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MELALUI TIPE TGT (Teams Games Tournament) DENGAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA
Kata Kunci : Keefektifan, TGT, Prestasi Dan Minat.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menentukan apakah ada perbedaan prestasi dan minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan model TGT dengan media alat peraga dengan peserta didik yang diajarkan model konvensional pada MTs Raudlotut Tholibin Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Untuk menentukan model mana yang lebih efektif digunakan antara model TGT dengan media alat peraga dan model konvensional dalam meningkatkan prestasi dan minat belajar peserta didik pada MTs Raudlotut Tholibin Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini juga merupakan sampel dalam penelitian, yaitu peserta didik kelas VII semester 1 Madrasah Raudlotut Tholibin Kalikangkung Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri atas 2 kelas sebanyak 80 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Intrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians multivariant satu arah (MANOVA ONE-WAY) yang dilanjutkan dengan Uji T2 Hotelling. Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data dan Uji Bartlett untuk mengetahui Homogenitas data.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan prestasi dan minat belajar peserta didik yang diajar dengan model TGT dengan peserta didik yang diajar dengan yang diajar menggunakan model konvensional pada peserta didik kelas VII semester 1 Madrasah Tsanawiyah Raudlotut Tholibin Kalikangkung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2010/2011, serta penggunaan model TGT dengan media alat peraga lebih efektif digunakan daripada model konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika pada peserta didik kelas VII semester I Madrasah Tsanawiyah Raudlotut Tholibin Kalikangkung tahun pelajaran 2010/2011.
1707500757 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain