Skripsi
Pengaruh Layanan Konseling Berbasis Pengembangan Diri Terhadap Prestasi Belajar Ranah Afektif Peserta didik Kelas VIII MTs Al-Azhar Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kata kunci : Konseling berbasis pengembangan, ranah Afektif
Pengembangan diri klien (konseli) yang dihasilkan atas peserta didik yang telah mengikuti bimbingan melalui pertemuan tatap muka, pada dasarnya bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada konseli untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap konseli sesuai dengan kondisi Sekolah/Madrasah. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir konseli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling berbasis pengembangan diri terhadap prestasi belajar ranah afektif peserta didik helas VIII MTs Al-Azhar Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Al-Azhar Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 167 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini digunakan 18% dari populasi yaitu 18% x 167 = 30,06 dibulatkan menjadi 30. Jadi sampel penelitian ini adalah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan r hitung = 0,694 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 30 maka diperoleh r tabel = 0,361. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,694 > 0,361. Dengan demkian Ho yang berbunyi “Tidak terdapat pengaruh layanan konseling berbasis pengembangan diri terhadap prestasi belajar ranah efektif peserta didik kelas VIII MTs. Al Azhar Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011” ditolak, dan Ha diterima yang menyatakan “Terdapat pengaruh layanan konseling berbasis pengembangan diri terhadap prestasi belajar ranah efektif peserta didik kelas VIII MTs. Al Azhar Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011” diterima.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah Guru BK diharap dapat seefektif mungkin melaksanakan layanan konseling berbasis pengembangan diri di sekolah agar prestasi belajar ranah efektif selalu meningkat.
1108501058 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain