Skripsi
HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BOJONG 02 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perhatian orang tua pada siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 ; untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 ; untuk mengetahui besarnya sumbangan (kontribusi) perhatian orang tua terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.Hipotesis dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kabupaten Tegal berjumlah 54 siswa. Ke 54 siswa tersebut penulis jadikan sampel penelitian, sehingga penelitian ini merupakan studi populasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan deskriptif prosentase.
Berdasarkan analisis data tingkat perhatian orang tua pada sampel penelitian digambarkan dihasilkan secara berturut kriteria sangat rendah 5.6%, rendah 16.7%, kurang 14.8%, cukup 35.2%, tinggi 20.4%, sangat tinggi sebesar 7.4%. Diperoleh mean atau skor rata-rata sebesar 35.2% yang terletak pada interval 39 – 43 dalam kategori cukup Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tingkat perhatian orang tua pada sampel penelitian dihasilkan kriterianya adalah cukup. tingkat motivasi belajar pada sampel penelitian digambarkan dihasilkan secara berturut kriteria sangat rendah 5.6%, rendah 9.3%, kurang 9.3%, cukup 33.3%, tinggi 27.8%, sangat tinggi sebesar 14.8%. Diperoleh mean atau skor rata-rata sebesar 33.3% yang terletak pada interval 41-46 dalam kategori cukup. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar pada sampel penelitian dihasilkan kriterianya adalah cukup. hasil analisis diketahui r tabel pada taraf 0,05 N = 54 diperoleh sebesar 0,266 dari perhitungan rhitung > rtabel (0,562 > 0,266). Sehingga Ho ditolak yang berbunyi “tidak ada hubungan yang positif dan signifikan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011” dan Ha diterima yang menyatakan “ada hubungan yang positif dan signifikan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”. Besarnya sumbangan (konstribusi) perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kabupaten Tegal adalah rxy 0,5622 x 100% = 31,6% sedangkan sisanya sebesar 68,4% tidak kami uraikan dalam penelitian ini.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah Para guru hendaknya senantiasa mengawasi anak didiknya di sekolah dan bekerjasama dengan orang tua siswa untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa. orang tua agar selalu memperhatikan perkembangan anak-anaknya dengan senantiasa memberi perhatian dalam masalah belajar maupun masalah yang lain agar siswa dapat lebih berprestasi, siswa diharapkan terus meningkatkan motivasinya dalam belajar sehingga kelak dapat meraih keberhasilan dari apa yang dicita-citakannya.
1108501048 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain