Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP BHAKTI PRAJA SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata Kunci : keefektifan, teknik probing, membaca pemahaman
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, masalah pokok yang dihadapi dalam dunia pendidikan pada saat ini adalah kualitas, kuantitas efesiensi, dan efektifitas serta relevannya dengan pembangunan. Teknik probing merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan komunikasi berbahasa yang baik sehingga akan terjadi proses pembelajaran yang optimal karena siswa berperan aktif dan kreatif sehingga siswa juga akan lebih cepat memahami konsep pembelajaran membaca pemahaman. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah keefektifan teknik probing dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) Adakah perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik probing?. Dan penelitian ini mempunyai tujuan : (1) Mengetahui keefektifan teknik probing dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Bhakti Praja Suradadi Tahun Pelajaran 2010/2011 (2) Mengetahui ada-tidaknya perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik probing.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester genap SMP Bhakti Praja Suradadi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar membaca pemahaman dalam bahasa Indonesia sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan teknik probing. Pengambilan data dengan dokumentasi dan metode tes, sedangkan pengolahan data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%.
Dari Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam membaca pemahaman yang diajar menggunakan teknik probing lebih efektif daripada prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester genap SMP Bhakti Praja Suradadi Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
1507500881 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain