Skripsi
Analisis Mikrostruktural Bahasa Iklan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Analisis mikrostruktural iklan, keruntutan (kohesi), kepaduan (koherensi)
Analisis mikrostruktural merupakan kajian analisis wacana. Penelitian ini membahas tentang analisis mikrostruktural pada wacana iklan dalam media cetak. Penelitian ini perlu dilakukan karena masalah ini belum mendapat perhatian yang serius dari para ahli bahasa sehingga penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi yang ingin belajar bahasa.
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah (1) Keruntutan kalimat dalam wacana iklan pada tabloid Nyata edisi 2004 1 Desember 2009, (2) Kepaduan kalimat dalam wacana iklan pada tabloid Nyata edisi 2004 1 Desember 2009, (3) Implikasi analisis mikrostruktural pada wacana iklan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis wacana iklan terutama analisis mikrostrukturalnya agar bermanfaat bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah tabloid Nyata edisi 2004 1 Desember 2009, data yang digunakan adalah wacana iklan dalam tabloid Nyata. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dengan teknik simak dan catat. Teknik analisis datanya menggunakan metode agih.
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa analisis mikrostruktural wacana iklan mempunyai unsur keruntutan (kohesi) baik penanda kohesi gramatikal maupun penanda kohesi leksikal, dan unsur kepaduan (koherensi) wacana. Penanda kohesi gramatikal penelitian ini adalah penanda referensi, penanda konjungsi, dan penanda ellipsis. Untuk penanda kohesi leksikal pada penelitian ini adalah munculnya jenis penanda sinonimi (padan kata), kolokasi (sanding kata), dan hiponimi (maknanya merupakan bagian dari makna yang lain).
Pada unsur kepaduan (koherensi) hasil analisisnya adalah adanya hubungan semantis sebab-akibat, alasan-sebab, dan sarana-hasil. Selain jenis penanda tersebut, penelitian ini juga menganalisis konteks iklan yaitu situasi iklan, penutur dan mitra tutur, tujuan iklan, dan genre bahasa yang digunakan, dan peristiwa tutur dari wacana iklan pada tabloid Nyata edisi 2004 1 Desember 2009 tersebut. Sehingga dari penelitian tersebut dapat diketahui implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA
1507500708 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain