Skripsi
Efektifitas Pemberian Stimulus Variation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 05 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci: Stimulus Variation, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah dengan pemberian stimulus variation dalam pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (2) Untuk mengetahui apakah dengan pemberian stimulus variation dapat menghilangkan kejenuhan dalam belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 semester II SMAN 05 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen dengan pemberian stimulus variation, sedangkan pada kelompok kontrol tidak dengan penggunaan stimulus variation. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data model pembelajaran yang disukai siswa sebagai pendamping pemberian stimulus variation. Tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Ada perbedaan hasil belajar antara kelompok pemberian stimulus variation dengan kelompok yang tidak menggunakan stimulus variation. Hal ini dapat dilihat dari preolehan taraf signifikan 1% dengan hasilnya thitung = 3,667 sedangkan ttabel = 2,750, (2) Hasil belajar kelompok dengan pemberian stimulus variation lebih efektif dari pada hasil belajar kelompok yang tidak dengan pemberian stimulus variation dalam pembelajaran. Untuk itu disarankan pemberian stimulus variation diharapkan dapat menjadi referensi penting dalam meningkatkan keterampilan seorang guru.
1307500371 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain