Skripsi
PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP PENINGKATAN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN (PENJASKES) SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dukuh Tengah Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelaj
Kata kunci : Layanan Koneling Individu, aspek psikomotorik
Bimbingan sangat diperlukan terhadap siswa sebagai upaya membantu siswa mengarahkan atau memecahkan masalah yang dihadapi sehingga mampu mandiri, tidak senantiasa tergantung dari orang lain. Salah satu layanan bimbingan yang diberikan oleh guru terhadap siswa dalam rangka pencapaian tujuan bimbingan dan konseling di sekolah, dan salah satunya adalah layanan bimbingan individu (perseorangan). Dalam keseluruhan kegiatan layanan bimbingan dan konseling, penilaian diperlukan untuk memperoleh umpan balik terhadap keefektifan layanan bimbingan yang telah dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh layanan konseling individu terhadap peningkatan Aspek Psikomotorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes) pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Dukuh Tengah Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Dukuh Tengah Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh dari total populasi yaitu 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan r hitung = 0,763 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 60 maka diperoleh r tabel = 0,254. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,763 > 0,254. Dengan demkian Ho yang berbunyi “Tidak pengaruh layanan konseling individu terhadap peningkatan penilaian aspek psikomotorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (Pejaskes) siswa kelas V SDN Dukuh Tengah Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011” ditolak, dan Ha diterima yang menyatakan “Tidak terdapat pengaruh layanan konseling individu terhadap peningkatan penilaian aspek psikomotorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (Pejaskes) siswa kelas V SDN Dukuh Tengah Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah Guru berperan dalam pembentukan sikap dan perilaku positif siswa sehingga perlu ditingkatkan dengan pengelolaan yang spesifik terhadap siswa yang memupunyai karakter, sikap, perilaku positip.
1108501055 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain