Skripsi
Studi Korelasi Prestasi Belajar Ekonomi dengan Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Prestasi Belajar Ekonomi, Prestasi Belajar Akuntansi.
Siswa yang memiliki taraf intelegensi tinggi mempunyai peluang lebih besar untuk mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi. Sama halnya dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi dan akuntansi. Siswa yang memiliki kemampuan/intelegensi yang tinggi dalam pelajaran ekonomi/akuntansi, prestasi belajar ekonomi/akuntansinya akan tinggi
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui korelasi prestasi belajar ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas Xi IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 118 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah berjumlah 80 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik klaster.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment.
Dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh angka korelasi sebesar 0,49 yang artinya bahwa terdapat korelasi yang cukup antara prestasi belajar ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2010/2011.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima dan sudah terbukti benar-benar menunjukkan korelasi positif antara prestasi belajar ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2010/2011.
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini salah satunya adalah dalam evaluasi pembelajaaran Ekonomi dan Akuntansi, sebaiknya digunakan bentuk penialian yang beragam dengan prosentase dan komposisi yang berimbang.
1307500395 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain