Skripsi
The Effect of Spelling Bee toward Student’s Ability in Vocabulary” An Experimental Study at the Third Grade Students of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Brebes in the Academic Year 2010/2011
Kata Kunci : Spelling Bee, Kemampuan Kosakata
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi pada pengajaran kosakata melalui Spelling Bee, untuk mengetahui apakah Spelling Bee memberikan pengaruh yang positif dan juga untuk mengetahui apakah Spelling Bee dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada pengajaran kosakata. Spelling Bee adalah suatu teknik pengajaran yang memfokuskan terhadap pengejaan kata dan cara bagaimana mengucapkan kata dengan benar.
Berdasarkan pada teori, hipotesis dalam penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut : ada pengaruh yang positif pada kemampuan kosakata siswa setelah mereka diajarkan melaui Spelling Bee khususnya pada siswa kelas tiga Madrasah Ibtidaiyah Negeri Brebes pada tahun ajaran 2010/201.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari desain satu kelompok. Desain pada penelitian ini menggunakan Pre test dan Post tes. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas tiga Madrasah ibtidaiyah Negeri Brebes pada Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini terdidri dari 46 siswa.
Penulis menggunakan tes kosakata dan juga kuisoner sebagai instrumen pada penelitian ini. Tes kosakata digunakan untuk mengetahui kemampuan kosakata siswa. Model dari tes kosakata ini adalah 40 soal pilihan ganda yang terdiri opsi A, B, C dan D. Sedangkan angket digunakan dalam penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui ketertarikan siswa ketika mempelajari kosakata melalui Spelling Bee.
Hasil dari tes hipotesis menunjukan bahwa Spelling Bee dapat mempengaruhi kemampuan kosakata siswa. Karena dari hasil Uji T menunjukkan bahwa rvalue 2.766 > rtable 2.666 yang dapat diindikasikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Spelling Bee terhadap kemampuan kosakata siswa. Hal itu menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah mereka diajarkan melalui Spelling Bee. Oleh Karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif diterima.
Temuan pada penelitian ini mengindikasikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Spelling Bee terhadap penguasaan kosakata siswa. Hasil angket juga menujukkan bahwa Spelling Bee membuat 73% siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Brebes lebih tertarik dalam mempelajari kosakata melalui Spelling Bee yang telah dilakukan pada siswa kelas tiga Madrasah Ibtidaiyah Negeri Brebes pada Tahun Ajaran 2010/2011. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah mereka diajarkan melalui Spelling Bee.
1607501604 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain