Skripsi
The effect of Applying Language Games Technique in Communicative Language Teaching toward the Students Vocabulary Achievement (An Experimental Study on the First Grade Students of SMP Negeri 3 Slawi of Tegal residence in Academic Year of 2011/2012)”.
Kata Kunci: Pengaruh, Permainan bahasa, Metode Communicative language
Teaching Hasil Belajar Kosakata Siswa.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran metode Communicative language Teaching dengan teknik Permainan dapat memberikan efek positif terhadap hasil belajar kosakata siswa pada Siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2011/2012.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir dalam penelitian,hipotesis dirumuskan sebagai berikut :Diduga penerapan metode Communicative language Teaching dengan teknik permainan dapat memberikan efek positif terhadap hasil belajar kosakata siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Slawi, dengan jumlah siswa 360 siswa yang terdiri dari 9 kelas.Untuk memperoleh data yang dibutuhkani, peneliti mengambil 60 siswa sebagai sample penelitian dari populasi yang ada. Kemudian peneliti membagi sample penelitian menjadi dua kelompok penelitian yaitu, kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen (Menggunakan Communicative language Teaching dengan teknik permainan) dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol (Tidak Menggunakan metode Communicative Language Teaching dengan teknik permainan).
Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tes yaitu test membaca yang berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban A,B,C, dan D. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, peneliti memberikan tes uji coba kepada 30 siswa diluar sample yang mempunyai karakteristik dan kompetensi yang sama dengan sample penelitian. Dari hasil tes uji coba instrument peneliti memperoleh 32 soal yang valid dengan menggunakan perhitungan Validitas Internal dan kemudian penulis mengambil 30 soal yang valid yang digunakan sebagai test kepada 2 kelompok penelitian untuk memperoleh data penelitian.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada sample kemudiab penulis menganalisis dengan menggunakan perhitungan t-test formula. Berdasarkan hasil dari analisis data, peneliti memperoleh nilai t htung sebesar 4,4347 dengan derajat kebebasan (dk) 58 dan taraf signifikan 5% diperoleh t Tabel 1,960. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (4,4347>1,960). sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.
kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan metode Communicative Language Teaching dengan teknik permainan dapat memberikan efek positif terhadap hasil belajar kosakat siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2011/2012.
1608502014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain