Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL
Isi :
Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu:
1. Upaya – upaya apa saja yang dilakukan oleh Puskesmas Dukuhwaru untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepeda masyarakat ?;
2. Faktor-faktor apa saja yang menghambat upaya Puskesmas Dukuhwaru untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepeda masyarakat ?;
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:
1. Ingin mengetahui sejauh mana upaya apa saja yang dilakukan oleh Puskesmas Dukuhwaru untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepeda masyarakat .
3. Ingin mengetahui Faktor-faktor apa saja yang menghambat upaya Puskesmas Dukuhwaru untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat ?;
Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode pengambilan data survei, observasi, wawancara, dan angket; dengan objek penelitian Puskesmas Dukuhwaru Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Wawancara dilakukan terhadap 10 Informan yang terdiri dari unsur aparatur pelayanan kesehatan di Puskesmas Dukuhwaru dan unsur masyarakat Kecamatan Dukuhwaru sebagai pengguna layanan kesehatan.
Hasil survei, observasi, dan wawancara terhadap informan menunjukkan bahwa:
1. Upaya – upaya apa saja yang dilakukan oleh Puskesmas Dukuhwaru untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat;
2. Faktor-faktor apa saja yang menghambat upaya Puskesmas Dukuhwaru untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepeda masyarakat, adalah: a. Kurangnya tenaga medis dan non medis yang proffesional, b. Belum adanya standar pelayanan kesehatan yang baku, dan c. Masih kurangnya ketersediaan anggaran.
Kata Kunci: upaya, kualitas pelayanan kesehatan
2108501332 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain