Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Rawat Inap Di Puskesmas Margasari Kabupaten Tegal.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna rawat inap Puskesmas Margasari ?
Tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah ;
1. Untuk mengetahui kualitas pelayanan rawat inap di Puskesmas Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.
2. Untuk mengetahui kepuasan pelanggan pengguna rawat inap di Puskesmas Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.
3. Untuk menguji apakah ada pengaruh pelayanan rawat inap di Puskesmas Margasari Kabupaten Tegal (X) dengan Kepuasan Pengguna (Y).
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian – tipe penelitian korelasi, dimana penulis bermaksud mendeteksi sejauhmana suatu faktor berhubungan dengan faktor lain dalam hal ini korelasi tingkat pengaruh kualitas dengan kepuasan pengguna rawat inap di Puskesmas Margasari Kabupaten Tegal.
Analisa data yang dipergunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat kuantitatif, yaitu analisa data yang menggunakan rumus rumus dan data statistik untuk pengujian hipotesis penulis mengangkat 2 (dua) variabel yaitu kualitas pelayanan rawat inap di Puskesmas Margasari Kabupaten Tegal (X) dan variabel kepuasan pengguna rawat inap dengan jumlah responden 60 orang dengan jumlah 30.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel X mempunyai rata – rata hitung sebesar 0,279% pada cakupan skala penilaian cukup baik , sedangkan variabel Y sebesar 0,361% adalah cukup berhasil. Terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel sesuai dengan perhitungan Uji Korelasi Pearson Product Moment dengan nilai 0.263 yang ternyata lebih besar dari nilai tabel pada taraf signifikan 5% adapun besarnya persentase keeratan hubungan kedua variabel adalah 73,7% sesuai dengan perhitungan nilai determinasi. Nilai ini dianggap erat hubungannya. Faktor-faktor lain diluar penelitian ini memiliki tingkat keeratan 26,3% yang terdiri dari kepuasan pengguna rawat inap di puskesmas Margasari.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan pengguna .
29112012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain