Skripsi
ANGKA EMISI KEBISINGAN PADA KNALPOT BERMATERIAL BESI, KUNINGAN DAN ALUMINIUM PADA SEPEDA MOTOR JENIS HONDA REVO TAHUN 2008
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kebisingan pada knalpot bermaterial besi, kuningan dan aluminium pada sepeda motor jenis Honda Revo Tahun 2008. Proses pengambilan data dilakukan pada kecepatan putaran mesin 1000 rpm, 1200 rpm, 3000 rpm, dan 5000 rpm.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen, bahan yang digunakan untuk material knalpot adalah besi, kuningan, dan aluminium. Pengujian tingkat kebisingan dengan menggunakan alat ukur kebisingan (Sound Level Meter), dengan cara mendekatkan kepada ujung dari knalpot, dengan jarak 10 cm.
Diketahui pada putaran mesin stasioner (1000 Rpm) pemakaian jenis material aluminium pada knalpot dapat mengurangi angka kebisingan 0.43 dB dan pada putaran rendah (1200 Rpm) dapat mengurangi kebisingan mencapai 1.05 dB. Akan tetapi, pemakaian jenis material aluminium akan lebih tinggi tingkat kebisingannya bila berada pada kecepatan putaran mesin sedang (3000 Rpm) yakni 4.29 dB dan putaran mesin tinggi (5000 Rpm) mencapai 6.05 terhadap knalpot bermaterial besi yang dipakai pada standar pabrikan knalpot. Kemudian pada pemakaian jenis material kuningan akan didapatkan angka tingkat kebisingan yang lebih tinggi daripada pemakaian jenis material besi, yakni berkisar 0.52–2.68 dB.
Kata kunci: Kebisingan, Knalpot, Putaran mesin.
6406500036 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain