Skripsi
PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMK SYAFA’ATUL UMMAH KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
Kata kunci: Pembelajaran Interaktif Melalui Metode Diskusi, Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Berdasarkan keterkaitan pentingnya kesesuaian antara pembelajaran interaktif melalui metode diskusi dengan konsep yang disajikan, maka diharapkan nantinya dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Salah satu produk hasil belajar adalah penguasaan konsep siswa. Penguasaan konsep siswa merupakan kemampuan siswa untuk menggambarkan ciri-ciri, karakter atau atribut yang sama dari sekelompok objek dari suatu fakta,
Berhasil atau gagalnya tujuan belajar adalah terletak pada dirinya sendiri. Maka dirinya sendirilah yang bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan belajar agar berhasil. Andai kata mengalami kegagalan maka akibat yang memikulnya adalah dirinya sendiri, tidak mungkin perbuatan-perbuatan belajar dilakukan oleh orang lain, orang tua, guru, teman. Orang lain hanya sebagai petunjuk saja. Yang memberikan dorongan dan bimbingan yang diberikan serta untuk selanjutnya dipelajari sendiri dengan mengolah, menyimpan dan memanifestasikan serta menerapkannya. Oleh karena itu kesuksesan ini terletak pada diri sendiri (pelajar).
Pada dasarnya dalam penelitian kualitatif belum ada teknik yang baku dalam menganalisis data, atau dalam analisa data kualitatif, tekniknya sudah jelas dan pasti, sedangkan dalam analisa data kualitatif, teknik seperti itu belum tersedia, oleh sebab itu ketajaman melihat data oleh peneliti serta kekayaan pengalaman dan pengetahuan harus dimiliki oleh peneliti.
Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari jumlah 43 responden diambil 5 responden untuk diteliti, penulis memberikan 8 item wawancara kepada siswa yang diteliti tersebut untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan item pertanyaan tersebut, diambil kesimpulan bahwa siswa sangat menyukai pembelajaran interaktif melalui metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Pembelajaran interaktif melalui metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran pada siswa kelas X, dilihat dari respon dan kendala yang ada siswa sangat bisa menerima dan mengerti bahwa didalam hasil kegiatan belajar mengajar pasti ada naik turunnya, untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan guru wajib memberikan motivasi dan pengarahan terhadap peserta didiknya.
1208500736 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain