Skripsi
Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Sikap Demokratis Pada Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Brebes.
Kata Kunci : Pembentukan, Sikap Demokratis.
Pemahaman sikap demokratis serta pelaksanan yang terjadi di lingkungan sekolah menjadi sesuatu pengetahuan yang sangat penting untuk diketahui oleh siswa, serta bagaimana penerapan dalam kehidupan bermasyarakat, sejauh mana kondisi tersebut dapat dimengerti serta dipahami siswa. Praktik demokrasi di sekolah mesti di rancang sesuai dengan pemilihan umum seperti yang sudah di terapkan dalam proses pemilihan ketua osis. Tahap awal bisa disosialisasikan pada siswa pentingnya pendidikan kewarganegaraan (PKn) dalam pembentukan karakter siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan kewarganegaran terhadap pembentukan sikap demokratis? (2) Bagaimana pemahaman siswa tentang demokrasi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa?
Berdasarkan landasan teori, penelitian ini memfokuskan tentang penerapan pembentukan sikap demokratis yang terjadi di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dan penelitian menggunakan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan purposive sample, pemeriksaan keabsahan data menggunakan Teknik Trianggulasi dan metode penyajian data analisis.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pokok bahasan budaya demokrasi menuju masyarakat madani mempunyai keterkaitan dengan pembentukan sikap demokratis pada siswa kelas XI di SMKN 1 Brebes. Pemahaman tentang sikap demokratis yang diajarkan oleh guru di sekolah melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan metode ceramah,tugas,diskusi dan juga praktek.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah dalam meningkatkan pemahaman tentang sikap demokratis hendaknya guru lebih intensif melakukan penilaian terhadap hasil belajar sikap demokratis pada siswa dan perlu adanya penggunaan skala penilaian yang dijabarkan dalam indikator. Dalam melakukan pembelajaran hendaknya para siswa lebih memahami dan menyadari pentingnya mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan karena siswa sebagai penerus dan pemimpin bangsa, maka mempelajari PKn perlu penghayatan yang lebih mendalam agar bisa mendalami hakekat tentang sikap demokratis.
1208500730 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain