Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran CIRC.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Randudongkal tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan model pembelajaran Model Pembelajaran Coopérative Learning Tipe Coopérative Integrated Reading And Composition (CIRC).
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan pembelajaran Model Pembelajaran Coopérative Learning Tipe Coopérative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Randudongkal yang berjumlah 36 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses dan hasil yang diperoleh dari model pembelajaran Coopérative Learning Tipe Coopérative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Randudongkal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Coopérative Learning Tipe Coopérative Integrated Reading And Composition (CIRC) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 62,22 dengan ketuntasan siswa sebesar 58,33%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,47 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 75% dan tingkat keberhasilan perolehan nilai naik sebesar 63,89%, nilai sama sebesar 22,22%, nilai turun sebesar 13,89%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,08 dengan ketntasan belajar 88,89%, dan tingkat keberhasilan perolehan nilai naik sebesar 86,11%, nilai sama sebesar 11,11%, dan nilai turun sebesar 2,78%. Jadi peningkatan nilai rata-rata pra tindakan dari pre tes I dan post tes I pada siklus I sebesar 6,25 dan peningkatan nilai rata-rata tes prestasi dari siklus I ke siklus II sebesar 8,61. Presentase tingkat keberhasilan prestasipun meningkat pada siklus II dibandingkan siklus I dimana siswa yang memperoleh nilai naik sebesar 22,22%, sedangkan siswa yang memperoleh nilai sama dan nilai turun sebesar 11,11%. Saran peneliti, guru dapat memberikan tugas kelompok yang lebih bervariasi dan membentuk susunan ulang anggota kelompok sehingga dapat menghindari adanya kejenuhan siswa.
04120201201 | Tersedia | ||
1210500119 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain