Skripsi
HUBUNGAN KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci : Karakteristik Kepribadian Siswa, Prestasi belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya perbedaan karakteristik kepribadian siswa yang menentukan pola aktivitas dalam meraih cita-citanya, sehingga dalam kegiatan pembelajaran, organisasi kelas, materi pembelajaran, waktu belajar, alat belajar, dan cara penilaian perlu beragam sesuai dengan karakteristik kepribadian siswa. Selaras dengan latar belakang, maka tujuan utama penelitian ini untuk memenuhi ada tidaknya hubungan yang signifikan antara karakteristik kepribadian siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA NEGERI 2 SLAWI Tahun Pelajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian yang dirumuskan “Ada hubungan yang signifikan antara karakteristik kepribadian siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA NEGERI 2 SLAWI Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Jumlah populasi berjumlah 324, sampel 76 responden. Pengumpulan data dengan kuensioner, dokumentasi. Uji coba instrument dengan validitas, reliabilitas, analisis data dengan korelasi.
Hasil penelitian diperoleh karakteristik kepribadian siswa kelas X SMA NEGERI 2 SLAWI diketahui baik yang ditunjukan dengan nilai rata-rata 81,37 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 60 . Selain itu ada hubungan yang signifikan antara karakteristik kepribadian siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA NEGERI 2 SLAWI Tahun Pelajaran 2011/2012. Secara kuantitatif diperoleh dari hasil korerasi r = 0,672. Nilai ini positif dan lebih besar dari r_(tabel ) = 0,312. Karena r_(hitung >r_(tabel ) ), maka hipotesis, ada hubungan Karakteristi Kepribadian siswa terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan nilai koefisien determinasi = 19,62%, diterima artinya variabel karakteristik kepribadian siswa memberikan kontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar sebesar 19,62% dan sisanya 80,38% ditentukan oleh variabel lain. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada agar para guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam proses KBM yang merupakan cara bagaimana siswa mencapai tujuan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Kemudian bagi pengembang kurikulum di sekolah hendaklah kegiatan pembelajaran, organisasi kelas, materi pembelajaran, waktu belajar, alat belajar dan cara penilaian perlu dibuat beragam sesuai dengan karakteristik kepribadian siswa.
1208500734 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain