Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN KALINUSU 01 KECAMATAN BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci : hasil belajar, Pkn, TGT
Pembelajaran yang dilaksanakan di kelas V SDN Kalinusu 01 yang masih menggunakan metode ceramah ternyata membuat aktivitas belajar siswa kurang maksimal yang berdampak pada hasil akhir pembelajaran masih jauh di bawah nilai minimal yang ditargetkan sekolah. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Pkn dengan menerapkan TGT di Kelas V SDN Kalinusu 01 (2) Mengetahui keberhasilan pembelajaran TGT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Kalinusu 01 Tahun Pelajaran 2011 / 2012 (3) Mengetahui dampak TGT terhadap aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar di kelas V SDN Kalinusu 01.
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berdasarkan temuan - temuan yang muncul di lapangan. Rancangan yang digunakan adalah PTK dengan tiga siklus. Masing - masing siklus terdiri atas (a) Perencanaan (b) Pelaksanaan (c) Observasi (d) Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan TGT adalah belajar secara mandiri dan diskusi kelompok, permainan dan turnamen (2) Pembelajaran Kooperatif model TGT terbukti dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN Kalinusu 01, yaitu dari rata - rata skor 54,3 dan daya serap klasikal 20 % pada pra siklus setelah tindakan pada siklus 1 menjadi rerata skor 63,00 dan daya serap klasikal 47,50 %, dan rerata skor 72,00 dan daya serap klasikal 72,50 % pada siklus II. Sedangkan pada siklus III rerata skor 76,87 dan daya serap klasikal 90% (3) Dampak pembelajaran model TGT terhadap aktifitas belajar siswa adalah semangat belajar siswa menjadi lebih meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan TGT di kelas V SDN Kalinusu 01 adalah Pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara kelompok, diskusi dan langkah - langkahnya terdiri dari penyajian kelas, kerja kelompok, turnamen dan penghargaan kelompok,(2) Pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa, yaitu berdasar pada paparan data di atas , (3) dampak TGT terhadap aktifitas belajar siswa selam proses belajar mengajar di kelas V SDN Kalinusu 01 adalah suasana kelas makin menyenangkan denga adanya belajar sambil bermain pada saat dikusi kelompok dan terutama pada saat turnamen, pengaruh lainnya khususnya pada saat kerja kelompok adalah tampak adanya peningkatan interaksi antar siswa dalam kelompok disarankan (1) Guru dapat menerapkan pembelajaran koperatif model TGT agar pembelajaran lebih menyenangkan, siswa menjadi lebih aktif dalam belajar dan kerja sama dalam pembelajaran khususnya dalam kegiatan diskusi dapat meningkat (2) Guru harus memahami lebih dulu pembelajaran kooperatif model TGT sebelum melaksanakan TGT.
12085007761 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain