Skripsi
PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 5 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 20011/2012
Kata Kunci : Ketersediaan Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi.
Upaya peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi sangat erat kaitannya dengan keberadaan fasilitas belajar. Namun dengan ketersediaan fasilitas belajar yang ada di SMA Negeri 5 Kota Tegal yang dipandang cukup baik, ternyata masih ada siswa yang kurang memenuhi syarat Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan yaitu 70 sebesar 30% dari jumlah populasi. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh ketersediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Perhatian terhadap keberadaan fasilitas belajar sering diabaikan oleh banyak siswa. Padahal keberadaan fasilitas belajar sangat strategis dalam upaya peningkatan prestasi belajar dengan bertambahnya wawasan tentang pelajaran tersebut. Dalam konteks itulah diyakini bahwa ketersediaan fasilitas belajar yang baik akan mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal sebanyak 127 siswa, sampel diambil sebanyak 96 siswa. Data ketersediaan fasilitas belajar diperoleh melalui wawancara dan angket, sedangkan data prestasi belajar mata pelajaran ekonomi diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji t.
Hasil analisis menunjukan bahwa diperoleh persamaan regresi : Y = 21,128 + 0,966 X. uji regresi diperoleh ttabel = t(α/2;n-2) = 1,664 taraf signifikansi sebesar 99% (atau α=1%) berarti ketersediaan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Uji t untuk variabel ketersediaan fasilitas belajar diperoleh thitung = 16,65 > ttabel = 1,664 taraf signifikansi sebesar 99% (atau α=1%).
Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, yang berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Penulis menyarankan agar siswa dan guru menjadikan hal ini sebagai wacana untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas belajar sehingga prestasi belajarnya juga dapat meningkat.
1308500528 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain