Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN OMPETENSI MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI 2 COMAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci : Model Pembelajaran GI, Siswa, Pembelajaran IPS Ekonomi
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : "Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kompetensi mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS semester genap SMA PGRI 2 Comal tahun pelajaran 2011/2012?".
Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kompetensi mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS semester genap SMA PGRI 2 Comal tahun pelajaran 2011/2012.
Model pembelajaran kooperatif menciptakan sebuah revolusi pembelajaran di kelas. Tidak ada kelas yang sunyi selama proses pembelajaran, karena pembelajaran dapat dicapai ditengah-tengah percakapan antara siswa. Guru dapat menciptakan suatu lingkungan kelas yang baru tempat siswa secara rutin dapat saling membantu satu sama lain, guna menuntaskan bahan ajar pada akademiknya.
Rancangan penelitian yang dimaksud adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Cuma yang perlu ditekankan adalah rancangannya akan ditetapkan berapa siklus dalam penelitian itu. Hal tersebut adalah otoritas peneliti, karena hanya peneliti yang tahu. Hal-hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam menetapkan banyaknya siklus adalah: waktu yang tersedia, panjangnya pokok bahasan, karakteristik materi, siswa semester berapa yang akan menjadi subjek, dan sebagainya.
Aspek keaktifan siswa adalah “memberikan pertanyaan (bertanya)” juga mengalami peningkatan skor, bahwa sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) untuk indikator BS tidak ada skor persentasenya, untuk indikator B nilai skor persentasenya 17%, indikator C sebesar 50% dan indikator K sebesar 33%. Setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, yaitu untuk indikator BS naik menjadi 3% pada siklus I dan 7% pada siklus II. Untuk indikator B naik menjadi 13% pada siklus I dan 20% pada siklus II. Untuk indikator C mengalami peningkatan yaitu 73% pada siklus I dan 67% pada siklus II. Sedangkan indikator K mengalami penurunan yaitu sebesar 10% pada siklus I dan 7% pada siklus II. Penurunan ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) siswa menjadi lebih aktif bertanya.
Siswa hendaknya dapat berperan aktif dengan menyampaikan ide atau pemikirannya pada proses pembelajaran sehingga proses KTSP dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dan Guru hendaknya dapat menyajikan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dengan baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi mata pelajaran ekonomi pada siswa
1310500126 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain