Skripsi
Efektivitas Metode Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Numbered Heads Together, Prestasi Belajar
Sekolah Menengah Atas (SMA) berusaha meningkatkan mutu pendidikan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan cara meningkatkan prestasi belajar di semua mata pelajaran. Penggunaan metode yang sama secara berkelanjutan dalam menyajikan pembelajaran akan menimbulkan siswa menjadi jenuh oleh sebab itu perlu adanya inovasi dalam pembelajaran. Sehingga diharapkan akan meningkatkan prestasi belajar.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifitasan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dibandingkan pengajaran dengan metode konvensional sebagai upaya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Sedangkan pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah penerapan metode Cooperative Learning tipe NHT diharapkan dapat lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar dilihat dari perbandingan antara metode Cooperative Learning tipe NHT dengan konvensional.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Tegal yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 129 siswa. Kemudian peneliti menentukan sampel penelitian menggunakan simple random sampling, dari 4 kelas yang dijadikan populasi terpilih 2 kelas yakni kelas X1 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes akhir (post test) yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diujikan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa thitung = 2,93 sedangkan ttable = 2,389 dengan derajat kebebasan 70 pada taraf signifikasi 1%. Ternyata hasilnya thitung>ttable (2,93 > 2,389). Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa “Melalui penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together) lebih efektif untuk meningkatan prestasi belajar dibanding pembelajaran dengan metode konvensional untuk mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X di SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Maka diharapkan guru dapat mempraktekkan metode pembelajaran Cooperative Learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan sebagai inovasi dalam pembelajaran. Sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru karena metode yang diajarkan menarik minat siswa untuk belajar.
1308500529 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain