Skripsi
Studi Korelasi Kualitas Pelayanan Koperasi Sekolah Dengan Kepuasan Siswa Sebagai Pelanggan Di SMK Negeri 1 Pemalang
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Siswa Sebagai Pelanggan
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasi antara kualitas pelayanan koperasi sekolah dengan kepuasan siswa sebagai pelanggan di SMK Negeri 1 Pemalang. Mengacu pada pokok masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kualitas pelayanan koperasi sekolah dengan kepuasan siswa sebagai pelanggan di SMK Negeri 1 Pemalang.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Ha : terdapat korelasi antara kualitas pelayanan koperasi sekolah dengan kepuasan siswa sebagai pelanggan di SMK Negeri 1 Pemalang, Ho: tidak terdapat korelasi antara kualitas pelayanan koperasi sekolah dengan kepuasan siswa sebagai pelanggan di SMK Negeri 1 Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 1.189 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode proporsional random sampling, sampel yang diambil sebanyak 40 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset di lapangan yang berupa obervasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan analisi data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment.
Dari hasil perhitungan statistitk product moment diperoleh hasil berupa angka Rxy sebesar 0.864. dengan nilai Rxy sebesar 0.864, maka menurut tabel intprestasi menunjukan korelasi sangat kuat. Korelasi kualitas pelayanan koperasi sekolah dengan kepuasan siswa sebagai pelanggan bersifat positif artinya apabila kualitas pelayanan koperasi sekolah meningkat maka kepuasan siswa akan meningkat. Dari perhitungan uji korelasi diperoleh thitung = 0.864 dengan demikiakian thitung = 0.864 > ttabel 0.314 berati Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi ada korelasi yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa sebagai pelanggan di SMK Negeri 1 Pemalang, selain itu secara keseluruhan siswa sebagai pelanggan di koperasi sekolah merasa puas dan pengelolaan koperasi sekolah dinilai sudah cukup memadai sebagai sarana pembelajaran koperasi di SMK Negeri 1 Pemalang.
12121207 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain