Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Komparatif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization), Pembentukan Kemandirian Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Pembentukan Kemandirin Belajar Siswaâ€. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya, dan ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat tahun pelajaran 2011/2012 dan ditetapkan sebanyak 72 siswa sebagai sampelnya dengan teknik cluster random sample. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis uji-t, suatu tes statistik memungkinkan untuk membandingkan dua skor rata-rata untuk menentukan probabilitas (peluang) bahwa perbedaan antara dua skor rata-rata merupakan perbedaan yang nyata bukan perbedaan yang terjadi secara kebetulan.
Pengolahan data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus uji-t diketemukan bahwa thitung = 2,178 dengan derajat kebebasan (df) 36+36-2=70 dan tingkat signifikansi (α) 5% dan ttabel 1,980. Ini berarti bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel (2,178>1,980). Ini berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dn hipotesis penelitian (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan “Model pembelajaran TAI (Team Assisted individualization) efektif membentuk kemandirian belajar siswaâ€.
Dengan melihat adanya perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan siswa kelas control yang diajar dengan metode konvensional, maka guru hendaknya lebih memperhatikan penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini disarankan untuk lebih mengutamakan konsep dan untuk keaktifan siswa dalam proses belajar.
1308500483 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain