Skripsi
Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: keterampilan mengajar, prestasi belajar
Kegiatan belajar mengajar tidak lepas dari keterlibatan guru dan siswa. Keduanya memiliki hubungan kausal dari proses pembelajaran tersebut. Guru yang memiliki keterampilan mengajar yang bagus akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keterampilan mengajar guru Ekonomi di kelas XI IPS SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) untuk mengetahui prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, dan (3) untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain kolerasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sejumlah 88 siswa, sedangkan yang dijadikan sampel sejumlah 88 siswa, terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Sampel diambil seluruhnya dengan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, terdapat kolerasi antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan hasil korelasi rxy=0,516 dengan N=88 taraf signifikansi α=5% diperoleh rtabel=0,207 sehingga rhitung>rtabel (0,516>0,207). Dengan demikian, hipotesis nihil yang menyatakan “Tidak terdapat kolerasi yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Al Irsyad Tegal” adalah ditolak, dan menerima hipotesis kerja yang menyatakan “Terdapat kolerasi yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Dari kesimpulan di atas, dapat disarankan kepada guru agar dapat memaksimalkan keterampilan mengajar sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
1308500542 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain