Skripsi
Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Kooperatif Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Satu Atap Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Prestasi Belajar
Proses belajar mengajar yang baik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya. Pencapaian tujuan belajar memerlukan penciptaan sistem lingkungan/kondisi belajar yang baik. Sistem lingkungan yang baik terdiri atas komponen-komponen pendukung antara lain metode pembelajaran, tujuan belajar yang akan dicapai, bahan pengajaran yang digunakan dalam mencapai tujuan, guru dan siswa yang memainkan peranan penting.
Persepsi siswa terhadap pembelajaran kooperatif akan mempengaruhi motivasi belajar siswa, setiap individu dapat berbeda walaupun yang diamati benar-benar beda. Apabila siswa memiliki persepsi yang positif atau baik terhdap pembelajaran kooperatif maka akan memiliki motivasi belajar yang baik dan pada akhirnya berpengaruh pada prestasi belajar.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Satu Aatap Brebes yang berjumlah 40 siswa. Setelah melakukan uji validitas dan reliabilitas didapat bahwa seluruh butir valid karena rhitung > r table sedankan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social rata-rata sebesar 74,12 dan ini menunjukan baik.
Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang signifikan anatara persepsi siswa terhadap pembelajaran kooperatif dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 8 Satu Aatap Brebes ditunjukn dari prosentasi tingkat hubungan yang du iterprestasikan kedalam tabel nilai r sebesar 0,98 (sangat baik)
01310500134 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain