Skripsi
Kepribadian Guru Pembimbing yang Diinginkan Peserta Didik (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata kunci : Kepribadian Guru Pembimbing, dan Keinginan Peserta Didik.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepribadian guru pembimbing yang diinginkan peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kerpibadian guru pembimbing yang diinginkan peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah 200 peserta didik, dengan sampel sejumlah 50 dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi serta observasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearmen Brown. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan analisis data deskripstif prosentase.
Pada variabel kepribadian guru pembimbing yang diinginkan peserta didik, dapat diketahui bahwa kompetensi kepribadian guru pembimbing diperoleh rata-rata sebesar 83%, kompetensi paedagogik guru pembimbing diperoleh rata-rata sebesar 79,38%, kompetensi profesional guru pembimbing diperoleh rata-rata sebesar 78,94%, kompetensi sosial guru pembimbing diperoleh rata-rata sebesar 82,88%. Berdasarkan derkripsi tiap-tiap variabel pengukurannya pada sub variabel kompetensi kepribadian guru pembimbing angka capaiannya 90%, sub variabel kompetensi paedagogik angka capaiannya 87%, sub variabel kompetensi profesional guru pembimbing angka capaiannya 81,5%, dan sub variabel kompetensi sosial guru pembimbing angka capaiannya 84,5%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data, dapat diketahui bahwa kepribadian guru pembimbing yang diinginkan peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, yang ditunjukkan temuan kepribadian yang diinginkan adalah yang memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang disegani terbukti angka capaiannya 90%.
Disarankan kepada guru pembimbing sekolah supaya secara mandiri berusaha mengetahui dan mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan BK dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan kegiatan Bimbingan dan Konseling. adanya pengembangan kepribadian guru pembimbing sekolah supaya tidak bersikap apatis dan selalu antusias berkaitan dengan perkembangan BK.
1108500987 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain