Skripsi
Pengaruh Bimbingan Pribadi terhadap Penuntasan Masalah Pribadi Peserta Didik Kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Penuntasan Masalah Pribadi.
Bimbingan pribadi berdampak pada penuntasan permasalahan pribadi peserta didik. Masalah dirumuskan apakah ada pengaruh bimbingan pribadi berdampak pada penuntasan permasalahan pribadi peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan pribadi berdampak pada penuntasan permasalahan pribadi peserta didik.
Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional, dilakukan terhadap populasi sejumlah 206 peserta didik. Dari populasi tersebut terpilih 30 peserta didik sebagai sampel yang ditentukan melalui prosedur proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket tertutup yang mengungkap penilaian terhadap bimbingan pribadi tehadap penuntasan masalah pribadi, dengan interview dan dokumentasi sebagai metode bantu. Analisis data dengan teknik deskriptif persentase dan korelasi product moment, sedangkan uji validitas dalam penelitian ini juga menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown dengan teknik belah dua ganjil genap.
Hasil penelitian menemukan rxy sebesar 0,431 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 30 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,361, maka rxy > rtabel atau 0,431 > 0,361 yang berarti hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh bimbingan pribadi terhadap penuntasan masalah pribadi peserta didik kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes tahun pelajaran 2011/2012” dinyatakan diterima. Didukung data layanan bimbingan pribadi secara berurutan ditemukan dalam kategori sangat rendah sebanyak 2 peserta didik (6,67%), kategori rendah sebanyak 4 peserta didik (13,33%), kategori cukup 10 peserta didik (33,33%), dan kategori sedang 10 peserta didik (33,33%), kategori tinggi 3 peserta didik (10%), dan kategori sangat tinggi 1 peserta didik (3,33%). Sedang tingkat penuntasan masalah pribadi dalam kategori sangat rendah sebanyak 1 peserta didik (3,33%), kategori cukup 6 peserta didik (20%), dan kategori sedang 7 peserta didik (23,33%), kategori tinggi 10 peserta didik (33,33%), dan kategori sangat tinggi 6 peserta didik (20%).
Disarankan bagi guru pembimbing dapat mensosialisasikan bimbingan pribadi sehingga dapat mengatasi masalah peserta didik yang mempunyai masalah pribadi, bagi peserta didik dapat lebih memahami pentingnya bimbingan pribadi agar dapat mengatasi masalah pribadinya dengan baik.
01108500952 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain