Skripsi
Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Gambar (LCD Projector) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Penggunaan Alat Peraga Gambar (LCD Projector), Prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan “Apakah penggunaan alat peraga gambar (LCD Projector) lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012”. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar yang signifkan antara siswa yang dibelajarkan secara konvesional dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga gambar (LCD Projector) pada siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil tempat penelitian di SMP Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 132 peserta didik karena dalam penelitian populasinya lebih dari 100 peserta didik maka peneliti mengambil sampel dua kelas sebanyak 72 peserta didik yakni kelas VIII A sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan prestasi belajar, dari 36 peserta didik kelas VIII A yang menjadi kelompok eksperimen rata-rata prestasi belajar peeserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga gambar (LCD Projector) mencapai 75,17. Sedangkan jumlah nilai peserta didik yang menggunakan alat peraga gambar (LCD Projector) 1033. Sedangkan dari 36 peserta didik kelas VIII C yang menjadi kelompok kontrol rata-rata prestasi belajar peserta didik setelah pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvesional 66,63. Sedangkan jumlah nilai peserta didik yang menggunakan model pembeljaran konvesional 2410. Dan dari hasil perhitungan tersebut, maka dapat diketahui angka perolehan angka nilai thitung = 6,816. Nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 1% = 2,648, ternyata hasilnya thitung > ttabel (6,816 > 2,648) Sehingga Ho ditolak dan berarti Ha diterima.
Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa Kelas VIII SMP Al-Irsyad Kota Tegal setelah melakukan penelitian dengan menggunakan alat peraga gambar (LCD Projector)
1308500487 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain