Skripsi
Studi terhadap Peran Pendidikan Pengembangan Diri pada Pembentukan Konsep Diri Peserta Didik di SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 (Studi Deskriptif Analitik pada Peserta Didik Kelas XI Jurusan Teknik Permesinan)
Kata Kunci : Pendidikan Pengembangan Diri dan Pembentukan Konsep Diri Peserta Didik.
Pendidikan pengembangan diri sangat berperan dalam pembentukan konsep diri peserta didik. Masalah yang muncul adalah Apakah terdapat peran pendidikan pengembangan diri pada pembentukan konsep diri peserta didik. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran pendidikan pengembangan diri pada pembentukan konsep diri peserta didik kelas XI jurusan Teknik Permesinan di SMK N 1 Adiwerna Kabupaten tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Permesinan di SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 94. Dan karena jumlah populasi kurang dari 100 maka menggunakan penelitian populasi. Variabel penelitian adalah pendidikan pengembangan diri (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan pembentukan konsep diri peserta didik (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus spearman-brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,688 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 94 diperoleh harga r tabel sebesar 0,203, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada peran pendidikan pengembangan diri pada pembentukan konsep diri peserta didik kelas XI jurusan teknik permesinan SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Dari hasil analisis pendidikan pengembangan diri yang berada dalam kategori cukup yaitu 22,340%. Sedangkan Pembentukan konsep diri peserta didik dalam kategori sangat tinggi dengan hasil prosentase 37,234%. Jadi peserta didik menganggap bahwa pendidikan pengembangan diri cukup berperan dalam pembentukan konsep diri peserta didik. Dan besar kontribusi sumbangan sebesar 47,33%.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada peran pendidikan pengembangan diri pada pembentukan konsep diri peserta didik kelas XI jurusan teknik permesinan SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran diharapkan agar pendidikan pengembangan diri dapat dijadikan acun dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk dapat membantu peserta didik membentuk konsep diri yang positif.
1108500905 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain