Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI MELALUI PENDEKATAN CYBER COUNSELING TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Pendekatan Cyber Counseling, Kecerdasan Emosi
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan pribadi dengan pendekatan cyber counseling terhadap kecerdasan emosi pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pemberian layanan bimbingan pribadi dengan pendekatan cyber counseling terhadap kecerdasan emosi peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 276 peserta didik dengan sampel diambil 11% dari populasi sehingga sampel berjumlah 30 peserta didik dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, wawancara/interview, dan dokumentasi, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Pada variabel pelaksanaan layanan bimbingan pribadi melalui pendekatan cyber counseling yang termasuk kategori sangat rendah sebanyak 2 peserta didik (6,67%), kategori rendah sebanyak 9 peserta didik (30%), kategori cukup 10 peserta didik (33,33%), dan kategori sedang 8 peserta didik (26,67%), dan kategori sangat tinggi 1 peserta didik (3,33%). Jadi dapat dikatakan bahwa tingkat layanan bimbingan pribadi melalui pendekatan cyber counselinng tergolong dalam kriteria cukup baik. Sedangkan pada variabel kecerdasan emosi yang termasuk kategori sangat rendah sebanyak 2 peserta didik (6,67%), kategori rendah sebanyak 8 peserta didik (26,67%), kategori cukup 11 peserta didik (36,67%), dan kategori sedang 8 peserta didik (26,67%), dan kategori sangat tinggi 1 peserta didik (3,33%). Jadi dapat dikatakann bahwa tingkat kecerdasan emosi peserta didik tergolong dalam kriteria sedang. Dari data tersebut diperoleh rxy = 0,503, setelah dikonsultasikan pada rtabel dengan n = 30 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,361, maka rxy > rtabel atau 0,503 > 0,361 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian adalah ada pengaruh layanan bimbingan pribadi melalui pendekatan cyber counseling terhadap peningkatan kecerdasan emosi peserta didik. Saran dari penulis hendaknya peserta didik dapat selalu mengikuti setiap program bimbingan dan konseling khususnya bimbingan pribadi melalui pendekatan cyber counseling sehingga diharapakan dapat meningkatkan kecerdasan emosi peserta didik.
1108500995 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain