Skripsi
STUDI TERHADAP PERAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR PADA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 2 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci : Peran Layanan Bimbingan Karir, Peningkatan Rasa Percaya Diri.
Masalah kepercayaan diri pada individu menjadi prioritas yang harus dibangun, mengingat dengan memiliki rasa percaya diri yang baik dapat membantu manusia mengatasi permasalahan hidupnya khususnya di dalam dunia kerja. Permasalahan dalam peenelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar Peran Bimbingan Karier dalam membantu meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas XI di SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang . Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui seberapa besar Peran Bimbingan Karier dalam membantu meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik kelas XI di SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang.
Populasinya adalah peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal yang berjumlah 108, dengan jumlah sampel 27 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah peran bimbingan karir dan variabel terikat adalah peningkatan rasa percaya diri. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan PPM, reliabilitas dengan teknik belah 2, seluruh item telah valid dan reliabel.
Diperoleh rxy sebesar 0,438, sedangkan r tabel (t.s 5%) dengan N = 27 sebesar 0,381, dapat disimpulkan rxy > r tabel (0,438 > 0,381), Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh peran bimbingan karir pada peningkatan rasa percaya diri peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Analisis deskriptif adalah pada variabel X diperoleh data dengan kategori sangat tinggi 2 orang sebesar (7,4%), kriteria tinggi (0%), kriteria sedang 5 orang (18,5%), cukup 6 oraang (22,2%), kriteria rendah 7 orang (25,9%), kriteria sangat rendah 7 orang (25,9%), sehingga peran layanan bimbingan karir dalam kriteria tinggi. Sedangkan pada variabel Y diperoleh data dengan kategori sangat tinggi 3 orang (11,1%), tinggi 16 orang (59,3%), sedang 4 orang (14,8%), cukup 3 orang (11,1%), sangat rendah 1 orang (3,7%). Jadi peningkatan rasa percaya diri dalam kriteria tinggi.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh peran layanan bimbingan karir pada peningkatan rasa percaya diri peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran bagi kepala sekolah agar selalu memantau pelaksanaan layanan bimbingan karir yang diberikan oleh guru BK di sekolah agar diketahui pelaksanaan kegiatannya agar lebih efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dalam dunia kerja.
1108500856 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain