Skripsi
Pengaruh Bimbingan Kelompok Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Pemalang
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Prestasi Belajar
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan tata pikir aksiomatis kausalitas, tiada akibat tanpa sebab dan tiada sebab tanpa akibat, dalam pelaksanaannya peneliti melakukan manipulasi terhadap variabel yang diteliti, yakni bimbingan kelompok dan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pemalang sejumlah 299 dan sampel diambil 25 % dari populasi, yakni 75 peserta didik yang tersebar di delapan kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok belajar di SMP Negeri 5 Pemalang (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pemalang (3) Apakah ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar SMP Negeri 5 Pemalang (4) Berapa besar kontribusi bimbingan kelompok belajar terhadap prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 5 Pemalang.
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan bimbingan kelompok belajar, (2) Prestasi belajar peserta, (3) Apakah ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan prestasi belajar, dan (4) Besaran kontribusi bimbingan kelompok terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bimbingan kelompok belajar berkriteria sangat setuju 13,33%, setuju 85,33%, cukup setuju 1,33%, dan skor rata-rata (mean) terdapat pada klasifikasi setuju, (2) Prestasi belajar berkriteria sangat baik 6,665%, baik 93,335%., dan skor rata-rata (mean) masuk pada klasifikasi baik, (3) Nilai rhitung 0,665 lebih tinggi dari rtabel 0,296 berdasarkan taraf signifikansi 1%, maupun terhadap r tabel 0,227 berdasarkan taraf signifikasi 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari bimbingan kelompok terhadap peningkatan prestasi belajar, dan (4) Nilai koefisien determinasi 0,4421, berarti nilai rata-rata prestasi belajar dipengaruhi oleh bimbingan kelompok dan sisanya 55,79% dipengaruhi oleh faktor lain.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari bimbingan kelompok belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pemalang pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan, referensi, model pembelajaran, dan dapat memotivasi dalam mengembangkan khasanah pengetahuan.
01109501355 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain