Skripsi
Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan Sosial, Penyesuaian Diri
Manusia tidak bisa hidup sendiri sesuai dengan hakikatnya yaitu manusia memerlukan bantuan orang lain dan dalam kehidupannya, manusia tidak lepas dari masalah-masalah baik yang berkaitan dengan dirinya sendiri maupun yang berkaitan dengan orang lain. Masalah yang dihadapi antara individu satu dengan individu yang lain tidaklah sama. Apalagi pada masa sekarang yaitu masa yang penuh tantangan hidup yang berat dan persaingan yang ketat. Masalah yang dialami oleh setiap individu bersifat komplek sehingga dalam pemecahan masalah tersebut perlu diberikan adanya bimbingan yang berkelanjutan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) bentuk pelaksanaan layanan bimbingan sosial pada peserta didik Kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, 2) penyesuaian diri peserta didik Kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, 3) pengaruh bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri peserta didik Kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 120. Sampel 25% dari jumlah populasi yaitu 25% x 120 = 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diketahui pelaksanaan bimbingan sosial pada peserta didik dalam kategori baik sebanyak 13 peserta didik (43,3%). Sedangkan penyesuaian diri peserta didik dalam kategori baik sebanyak 12 peserta didik (40%). Pengaruh bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri peserta didik dilihat dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,694 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 30 maka diperoleh r tabel = 0,361. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,694 > 0,361. Dengan demkian Ha yang berbunyi “Terdapat pengaruh bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012â€1†diterima.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah penyesuaian diri peserta didik perlu dibimbing dengan arahan dari guru bimbingan dan konseling. Peserta didik dapat memanfaatkan bimbingan sosial supaya dapat menyesuaikan diri dari lingkungan sekolah, keluarga maupun lingkungan masyarakat.
1109501362 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain