Skripsi
Studi Tentang Faktor Penyebab Dan Alternatif Penyelesaian Masalah Perilaku Membolos Pada Saat Kegiatan Belajar Mengajar Peserta Didik Kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Faktor Penyebab, Alternatif Penyelesaian Masalah dan Pada saat
kegiatan belajar mengajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Apa saja faktor penyebab perilaku membolos, bagaimanakah Alternatif Penyelesaian Masalah Perilaku Membolos, apakah ada pengaruh faktor penyebab dan alternatif penyelesaian masalah terhadap perilaku membolos pada saat kegiatan belajar mengajar peserta didik kelas XI SMK PGRI Kota Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor penyebab perilaku membolos, bagaimanakah Alternatif Penyelesaian Masalah Perilaku Membolos, apakah ada pengaruh faktor penyebab dan alternatif penyelesaian masalah terhadap perilaku membolos pada saat kegiatan belajar mengajar peserta didik Kelas XI SMK PGRI Kota Tegal”.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 55 peserta didik, sedangkan pengambilan sampel sejumlah 48 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proportionate stratified random Sampling. Variabel penelitian adalah faktor penyebab perilaku membolos, Alternatif Penyelesaian Masalah Perilaku Membolos (variabel bebas) dan pada saat kegiatan belajar mengajar peserta didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan spearman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment, deskriptip prosentase dan regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh Hasil Fhitung = 18,58 bila dikonsultasikan dengan F tabel (Ft) dengan dk-pembilang, = k = 2, dan dk penyebut = (n-k-1) = 48-2-1 = 45 dan Taraf Siginifikan α = 0,05 maka diperoleh Ftabel = 4,04. Karena F hitung > F tabel, yaitu 18,58 > 4,04 maka Ho ditolak dan menerima Ha, artinya terdapat pengaruh atau hubungan yang signifikan antara faktor penyebab (X1) dan alternative penyelesaian masalah (X2) secara simultan (bersama-sama) terhadap pada saat kegiatan belajar mengajar (Y).
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh atau hubungan yang signifikan antara faktor penyebab dan alternative penyelesaian masalah perilaku membolos pada saat kegiatan belajar mengajar peserta didik. Saran Kepala sekolah selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam perilaku membolos.
1108501005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain