Skripsi
Keefektifan Pemberian Bimbingan Kelompok Berbasis Gender Terhadap Perubahan Pola Pikir Pemahaman Gender Pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes ( Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kelas XI Alam Tahun Pelajaran 2011/2012 )
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Gender
Dalam pembelajaran pendidikan masih sarat dengan bias gender. Pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah pun seringkali diwarnai bias-bias gender. Hal ini menjadi salah satu penyebab tingkat pemahaman gender peserta didik di SMA cenderung masih rendah. Dengan demikian diperlukan pemberian layanan bimbingan kelompok berbasis gender guna memberikan pemahaman tentang gender sehingga peserta didik dapat merubah pola pikirnya dari bias gender menjadi sadar gender. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka permasalahan yang diajukan adalah apakah terdapat keefektifan pemberian bimbingan kelompok berbasis gender terhadap perubahan pola pikir pemahaman gender pada peserta didik khususnya kelas XI Alam di SMA N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui bentuk layanan bimbingan kelompok, untuk mengetahui pemahaman peserta didik dalam menyikapi persamaan dan perbedaan peran gender dan keefektifan layanan bimbingan kelompok berbasis gender terhadap perubahan pola pikir pemahaman gender pada peserta didik kelas XI Alam di SMA Negeri 01 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/ 2012.
Populasi sekaligus sampel penelitian sejumlah 60 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner atau angket sebagai metode utama. sedangkan metode wawancara, observasi, dokumentasi sebagai metode pelengkap.
Data penelitian ini dipeoleh dari hasil kuesioner atau angket. Dan sebelumnya angket diuji cobakan pada peserta didik kelas XI Alam di SMA Ma’arif Bulakamba-Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 dan hasil seluruh item adalah valid dan reliabel. Analisis data dari hasil penelitian dihitung dengan menggunakan rumus deskriptif prosentase dan rumus Uji-t.
Berdasarkan dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian dengan uji- t yaitu t hitung sebesar 4,90 setelah dikonsultasikan pada t-tabel untuk N=60 taraf signifikan 5 %= 0,05 serta dk = 2,02 dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel atau 4,90 > 2,02. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Saran dari penulis antara lain agar pemberian bimbingan kelompok berbasis gender bisa lebih baik, peserta didik dapat mempertahankan pola pikir pemahaman gender yang sudah sangat baik, dan guru pembimbing lebih mengefektifkan bimbingan kelompok berbasis gender.
1108500992 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain